Batak Muslim Gelar Pengajian

oleh

ketua-mui-melawi-h-syafri-nasution-saat-memimpin-pengajian-dan-siraman-rohaniMELAWINEWS.COM,MELAWI-Puluhan warga Batak tergabung dalam Ikatan Batak Muslim Kabupaten Melawi (IBM-KM), berkumpul mengikuti pengajian (Yasinan) perdana sekaligus silaturahmni halal bihalal di rumah kediaman Ketua IBM-KM, Maulana Siregar, komplek SMPN 2 Nanga Pinoh, Minggu (18/9).

Dikatakan Ketua IBM-KM, Maulana Siregar, kegiatan pengajian (Yasinan) ini merupakan agenda rutin warga IBM-KM yang digelar satu kali dalam satu bulan dikediaman warga IBM-KM secara bergantian, sesuai dengan Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART) organisasi.

“Kegiatan pengajian (Yasinan) warga IBM-KM digelar tiap satu bulan, selain agenda pengajian (Yasinan), juga menghadirkan penceramah. Kali ini kita undang Ustadz H. Syapri  Nasution untuk mengisi ceramah. Ustadz H. Syapri Nasution adalah Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Melawi, sekaligus sebagai Penasehat di organisasi IBM-KM,” ujar Siregar kepada Koran ini usai gelar pengajian (Yasinan) itu.

Menurut Siregar, IBM-KM berdiri sejak bulan Agustus 2016. Lanjut Siregar, bahwa organisasi kemasyarakatan IBM-KM dibentuk bertujuan untuk menyatukan umat muslim di Kabupaten Melawi dalam rangka silaturrahmi. “Organisasi ini dibentuk murni untuk ibadah, tak ada unsur politis,” tegas Kepala Puskesmas Pemuar, Belimbing, itu.

“Organisasi ini juga berdiri legal memiliki badan hukum Akte Notaris. Akte Notaris sedang dalam proses di notaris, kalau sudah keluar Akte Notaris ini akan kita daftarkan ke Kesbangpol Pemkab Melawi. Hingga saat ini, tercatat ada sebanyak 60 KK warga Batak Muslim di Melawi yang terdata. Masi banyak yang belum terdata,” ujarnya.

Dia berharap kepada warga Batak Muslim Melawi yang belum terdata pihaknya,  bisa mendaftarkan diri melalui anggota yang sudah terdaftar atau langsung kepada Pengurus IBM-KM. “Yang menjadi anggota IBM-KM adalah keluarga inti (Ayah-Ibu-Anak) Suku Batak Muslim dan suku lain yang terikat dalam perkawinan dengan Suku Batak Muslim,” urai Siregar.

“IBM-KM ini hanya ada di Melawi, disini tempat berkumpulnya warga Batak Muslim di Melawi, dari menggelar kegiatan, menampung aspirasi, hingga menggalang solidaritas antar sesama warga Batak Muslim. IBM-KM juga siap bekerjasama dengan organisasi kemasyarakatan lain yang ada di Melawi untuk memajukan dan mendukung pembangunan Melawi tercinta kearah lebih baik,” ungkapnya.

Selain itu, Siregar juga menegaskan warga Batak Muslim siap dan bersedia membangun Melawi dalam aspek apapun tanpa intervensi dari pihak manapun (politis). Ditegaskan, selain karena sudah menjadi bagian warga Melawi itu sendiri, warga Batak Muslim sudah beranakpinak di Melawi.

 

“Warga IBM-KM siap mendukung penuh program pembangunan Kabupaten Melawi 5 tahun kedepan yang dipimpin Bupati dan Wakil Bupati Melawi, Panji-Dadi Sunarya,” tegasnya. Kami berharap IBM-KM ini bisa diterima semua warga yang ada di Kabupaten Melawi ini,” harapnya.

 

Di tempat yang sama, salah satu peserta pengajian (Yasinan), Soriddan Harahap mengapresiasi kegiatan IBM-KM terhadap pengajian (Yasinan) tiap sebulan sekali, ditambah dengan mendatangkan penceramah.

“Pengajian (Yasinan) ini dirasa sangat penting diselenggarakan sebagai ibadah. Selebihnya dari itu banyaknya pemahaman baru yang kami ketahui tentang Islam secara menyeluruh dengan adanya siraman rohani dari pak ustadz,” aku Soriddan Harahap, yang juga menjabat Ketua Harian IBM-KM itu. (H Bahrum)