Ini Kata Panji Soal Kades Tolak Dana Desa

oleh
Bupati Melawi, Panji, S.Sos
Bupati Melawi, Panji, S.Sos

MELAWINEWS.COM, Melawi – Bupati Melawi, Panji memberikan pandangannya terkait ketakutan kades untuk mengelola dana desa. Apalagi sudah ada yang menyatakan menolak dana desa untuk tahun depan.

“Saya merasa senang karena ini berarti penyuluhan hukum yang digelar oleh pemkab saat itu masuk pada jajaran aparatur desa. Dan mereka merasakan sangat dalam. Hanya tentu janganlah selalu dipenuhi dengan rasa takut. Kalau sudah sesuai aturan dan melihat aturan, tak perlu takut. Bukan berarti nanti ada selalu pihak-pihak yang mencari kesalahan kita, bukan seperti itu,” katanya.

Menurut Panji, bila seluruh aparatur desa sudah menguasai ketentuan dan aturan pengelolaan dana desa, plus niatan yang bagus tentu tak perlu ada yang ditakuti. Soal boleh tidaknya desa menolak dana desa, dirinya menilai tidak terlalu tepat bila desa sampai tak berani kelola dana desa.

“Terlepas nanti ada celah aturan hukum yang membolehkan itu, saya nilai tidak terlalu tepat bila ada yang tak berani, sementara yang lain berani. Karena uang yang masuk dari negara ini kan untuk memajukan dan mengembangkan desa. Kalau niatnya sudah baik, pasti tidak ada masalah,” katanya.

Dilanjutkan Panji, pelatihan dan pembinaan pada aparatur desa akan terus rutin dilakukan oleh pemkab. Termasuk soal tata kelola keuangan juga akan ada aturannya secara teknis melalui peraturan pemerintah dan peraturan menteri.

“Soal ketakutan itu, saya nilai desa sudah ada niat yang baik untuk kelola dana desa,” ucapnya.

Sebelumnya, Kepala Kejari Sintang, Syahnan Tanjung dalam penyuluhan hukum sudah menegaskan agar jangan sampai dana desa ini malah masuk kocek oknum aparatur.

“Janganlah disimpan. Kalau sudah ada peruntukkan ya disesuaikan dengan peruntukkannya dan tepat sasarannya. Jangan dipotong, atau menyimpang,” tegasnya.