Timnas Indonesia Menang Telak Atas Malaysia

oleh

Andik Vermansyah saat berebut bola dengan pemain malaysiaMELAWINEWS.COM, SOLO – Tampil perdana sejak terkena sanksi FIFA, Timnas Indonesia berhasil meraih hasil sempurna setelah membantai Timnas Malaysia 3-0 di Stadion Manahan Solo, Selasa malam. Tiga gol inipun tercipta hanya dalam kurun waktu 22 menit babak pertama.

Indonesia yang tampil dengan pemain mudanya, mampu menunjukan kualitas mereka di tengah lapangan. Skuad Indonesia hanya diisi oleh satu pemain senior, yakni Boaz Salosa yang juga bertindak sebagai kapten tim.

Tim Garuda muda berhasil mencuri gol pertama melalui kaki Boaz Salosa di menit ke-6, setelah menerima bola lambung dari pemain belakang Indonesia, yang salah diantisipasi oleh bek Malaysia, hingga berbuah gol dengan tendangan kaki kanan keras ke sisi kiri penjaga gawang Malaysia Khairul Fahmi.

Skor 1-0 ini sendiri tak bertahan lama, selisih empat menit, Boaz Salosa kembali membuat assis ke Irfan Bachdim yang dikawal oleh bek Malaysia, namun Irfan lolos dari kawalan, dan langsung melesatkan tendangan kaki kanannya masuk ke sisi kanan penjaga gawang Khairul Fahmi.

Indonesia memimpin 2-0 di menit ke-10. Tertinggal dua gol, Malaysia membangun serangan ke areal pertahanan Indonesia yang dikawal oleh Abdu Lestaluhu dkk. Di menit ke 17 Amri Yahya hampir membobol gawang Indonesia yang dikawal oleh Andritany, namun tendangan bebasnya masih menipis di luar gawang.

Asik menyerang, jala gawang tim yang berjuluk Harimau Malaya itupun kembali digetarkan oleh sang kapten Indonesia Boas Salosa untuk kedua kalinya di menit ke-22, yang memanfaatkan umpan pendek lawan duetnya Irfan Bachdim, hingga skor berubah menjadi 3-0.

 

Unggul 3-0, Indonesia memfokuskan pada pertahanan, meski sesekali mereka melakukan serangan lewat Andik Firmansah, namun sering dihadang oleh bek Malaysia. Malaysia memanfaatkan posisi bertahan Indonesia ini untuk menekan, dan peluang yang didapatkan oleh Safawi Rasid dan Badrul Hasyim, tetapi usaha mereka tidak berbuah gol.

Di hujung pertandingan, Malaysia hampir membobol gawang Indonesia, setelah pemain Malaysia memanfaatkan kesalahan yang dilakukan oleh Beny Wahyudi, namun sepakan pemain Malaysia mampu dihadang oleh Andritany.

Skor 3-0 bertahan hingga wasit meniupkan peluit panjang tanda berakhir pertandingan.

Susunan Pemain

Timnas Indonesia (4-4-2): Andritany Ardhiyasa; Beny Wahyudi, Fachrudin Aryanto, Yanto Basna, Abdul Rahman; Zulham Zamrun, Evan Dimas, Bayu Pradana, Andik Vermansah; Boaz Solossa, Irfan Bachdim

Pelatih: Alfred Riedl

Timnas Malaysia (4-5-1): Khairul Fahmi; Fadli Sas, Ronny Harun, Matthew Davies, Badrul Hisyam; Brendan Gan, Baddrol Bakhtiar, Wan Zack Haikal, Safawi Rasyid, Irfan Fazail; Amri Yahyah

Pelatih: Ong Kim Swee