Jelang Idul Adha, Pencurian Sapi Marak di Melawi

oleh
ilustrasi ternak sapi
ilustrasi ternak sapi

MELAWINEWS.COM,Melawi-Aksi pencurian ternak sapi di Nanga Pinoh Melawi kembali terjadi. Kali ini terjadi di wilayah desa Baru kecamatan Nanga Pinoh. Setidaknya ada 4 ekor sapi milik warga yang dicuri maling pada Minggu (4/8) malam.

Kapolsek Nanga Pinoh AKP Yoyo Kuswoyo membenarkan adanya aksi pencurian ternak sapi milik warga. Kata dia empat ekor sapi tersebut milik tiga warga yang diletakkan di perkebunan sekitar pemukiman mereka.

“Informasinya sih sapi itu diikat di kebun mereka, bukan dikandangkan, dugaan sementara sapi itu dicuri pada malam hari” kata kapolsek Yoyok pada Senin (5/9).

Untuk memastikan laporan tersebut, kapolsek Yoyok langsung terjun ke lokasi kejadian. Memantau sekitar lokasi kejadian agar kasus tersebut bisa segera terungkap.

Kasus pencurian sapi ini juga sempat terjadi beberapa tahun lalu di desa Manggala kecamatan Pinoh Utara. Namun tidak lama setelah itu kepolisiak sektor Nanga Pinoh berhasil menangkap pelaku yang ternyata warga Sekadau.

Kebiasaan masyarakat Nanga Pinoh, Melawi mereka mengingakat sapinya tidak di kandang. Acapkali sapi-sapi tersebut juga digembalakan secara liar sehingga rawan terjadi pencurian. Maka dari itu warga diharapkan lebih berhati-hati.

Apalagi menjelang hari raya kurban seperti ini, aksi harga sapi bisa melonjak tinggi. Kesempatan inipun bisa saja dimanfaatkan oknum untuk menjalankan aksinya dengan cara mencuri sapi kemudian dijual kepada yang membutuhkan. (**)