Mulyadi: Melawi Layak Dapat Piala Adipura 2017

oleh
Tugu Juang Nanga Pinoh Melawi
Tugu Juang Nanga Pinoh Melawi

MELAWINEWS.COM,Melawi-Rencana pemkab Melawi untuk ikut serta pada piala Adipura th 2017 mendapat dukungan positif dari berbagai kalangan, satu diantaranya datang dari tokoh pemuda Kabupaten Melawi H Mulyadi Muhammad Yatim.

Dia mengungkapkan, hal-hal yang perlu diperhatikan untuk mendapat piala adipura tersebut harus memiliki dua indikator yang sangat diperlukan, yang pertama, indikator kondisi fisik, lingkungan perkotaan dalam hal kebersihan dan keteduhan kota.  Yang kedua indikator pengelolaan lingkungan perkotaan.  (non fisik) yang meliputi institusi, manajemen dan daya tanggap.

Dia menjelaskan, pada awalnya piala Adipura diperuntukkan untuk mendorong kota-kota di Indonesia menjadi kota bersih dan teduh. Pengertian kota dalam penilaian Adipura bukanlah kota otonom namun bisa juga bagian dari wil kabupaten yang memiliki karakteristik sebagai daerah perkotaan dengan batas-batas wilayah tertentu.

BACA JUGA: DUKUNG ADIPURA PASAR BABI HARUS DIPINDAH

“Program Adipura yang telah digulirkan oleh pemerintah melalui kementeian Negara LH sjk th 1986 dan terhenti tahun 1998. Program ini dicanangkn kembali di Denpasar Bali pada tanggal 5 Juni 2002 sampai sekarang” katanya.14247895_120300000089425698_904200933_o

Menurut Mulyadi, karakteristik kondisi fisik kota Nanga Pinoh kabupaten Melawi saat ini sudah layak direkomendasikan meraih penghargaan Adipura menginggat lingkungan perkotaan dalam hal kebersihan kota sudah menampakkan kemajuan yang sangat berarti.

“Indikator keteduhan kota/ ruang terbuka hijau/penghijauan kota Nanga Pinoh Kabupaten Melawi perlu dilanjutkan dan ditata kembali tata kelola lingkungan RTH yang sudah berjalan dari pemerintahan sebelumnya” jelasnya.

Kemudian indikator Kondisi non-fisik yang menyangkut institusi terkait atau SKPD yang membidangi tentang Kebersihan, tata kota dan LH terus menunjukkan kinerjanya sesuai tupoksi yang gariskan menuju kota Nanga Pinoh Kabupaten Melawi mendapatkan penghargaan Adipura th 2017. (MW)