Polres Sambas Amankan 12 TKI Ilegal

oleh
ILUSTRASI TKI
ILUSTRASI TKI

MELAWINEWS.COM,Pontianak-Sebanyak 12 Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Nusa Tenggara (NTB ) dan dua penyalur TKI Illegal asal Sambas Kalimantan Barat, Hareman alias Hare dan Suryadi alias Pulung, diamankan oleh Polres Sanggau.

Keduanya diduga mengirimkan tenaga Kerja Indonesia tanpa dilengkapi izin operasional Penempatan Tenaga Kerja ke Luar Negeri.

Kapolres Sanggau AKBP Drs. Dhony Charles GO ketika dihubungi mengatakan bahwa pihaknya curiga melihat ada beberapa orang laki-laki yang diduga TKI Illegal, dengan mengendarai dua buah mobil avanza warna hitam KB 1059 PA dan satu unit mobil Xenia KB 1529 HO, yang sedang berhenti di dusun Peripin Desa Entikong Kecamatan Entikong.

“Setelah dilakukan pemeriksaan ternyata ditemukan ke 13 orang yang diduga Calon TKI non Prosedural. Kemudian dilakukan pemeriksaan secara intensif , ditemukan 12 Pasport milik Calon TKI” katanya.

BACA JUGA : WARGA MELAWI BANYAK TIDAK PUNYA E-KTP

BACA JUGA: TKI BERMASALAH DIDEPORTASI

Berdasarkan hasil interogasi para Calon TKI bahwa semua kebutuhan Calon TKI ditanggung oleh tersangka Hareman Alias Hare.

Menurut keterangan para Calon TKI ia berangkat dari Pontianak tanggal 1 September 2016 Pkl 08.00 wib. Setibanya di Entikong langsung diamankan oleh Polisi.

Saat ini yang berhasil diamankan polisi adalah 12 calon TKI, 2 sopir dan 2 pemasuk TKI Illegal. Mereka para pelaku bisa dikenakan sebagai pelaku Tindak Pidana Perlindungan & penempatan TKI di luar negeri (PPTKILN) Sesuai dengan pasal 102 ayat (1) huruf a & b UU RI NO.39 Tahun 2004.

Terhadap para tersangka sudah diberikan tanda laporan polisi nomor LP/114/ IX/ 2016/ Polda Kalbar/ Res sgu/ Sek Etk, tgl 01 September 2016.