Kini Seluruh Puskesmas Di Melawi Miliki Ambulan

oleh

Bupati serahkan ambulan (2)MELAWINEWS.COM, Melawi – Sejumlah ambulan berjejer rapi di parkiran halaman kantor bupati Melawi. Ambulan ini diserahkan ke delapan puskesmas yang ada di kabupaten Melawi. Penyerahan pun langsung dilakukan oleh bupati Melawi, Panji di halaman kantor bupati, Senin kemarin.

Ditemui usai penyerahan ambulan, kepala dinas kesehatan, Ahmad Jawahir menerangkan, ambulan ini dibeli dengan dana DAK . Kehadiran delapan ambulan ini membuat seluruh puskesmas di Melawi kini telah memiliki fasilitas ambulan.

“Dibeli dengan dana DAK. Jadi tak membebani ABPD. Di Kalbar, kita yang paling banyak mendapatkan bantuan mobil ambulan,” katanya.

Ahmad Jawahir mengatakan, keberadaan ambulan ini menjadi bagian untuk pelayanan kesehatan, utamanya bagi masyarakat yang membutuhkannya. Keberadaan ambulan inipun menjadi pendukung dari rencana kenaikan status puskesmas di Melawi yang tahun ini rencananya akan menjadi puskesmas rawat inap.

“Jadi ambulan ini nanti bisa dipakai untuk membawa pasien dari daerah pedalaman ke puskesmas, atau membawa pasien dari desa langsung ke rumah sakit di kabupaten, bahkan provinsi,” jelasnya.

Ahmad pun meminta petugas puskesmas untuk merawat baik-baik bantuan ambulan tersebut. Apalagi ambulan ini termasuk jenis terbaru dan juga rentan dengan BBM yang tidak baik.

“Spesifikas seluruhnya double gardan, menyesuaikan dengan medan di Melawi yang memang cukup berat. Ambulan ini juga bisa dipakai untuk media pengumuman, karena juga dilengkapi dengan speaker,” jelasnya.

Ahmad Jawahir juga menyampaikan, terkait biaya operasionalnya, dirinya meminta kepala puskesmas untuk merapatkannya bersama camat dan tokoh masyarakat untuk menentukan besaran tarif untuk penggunaan ambulan.

“Karena masalahnya tarif ambulan ini belum diatur dalam perda kita. Makanya harus dibicarakan bersama agar tak timbul salah duga dan ada kesepakatan dengan masyarakat,” ucapnya.

Delapan puskesmas yang menerima bantuan ambulan tahun ini yakni Puskemas Nanga Pinoh, Pinoh Selatan, Belimbing, Pinoh Utara, Menukung, Tanah Pinoh, Tanah Pinoh Barat, dan Sayan. (MN)