Meriahnya Karnaval Kebangsaan Di Melawi

oleh

Peserta Karnaval dari SMA 1 BelimbingMELAWINEWS.COM,MELAWI- Rintik hujan yang mengguyur kota juang, Nanga Pinoh, Kamis (25/8) pagi tak menyurutkan semangat para peserta Karnaval Kebangsaan dan Perjuangan di halaman kantor Bupati Melawi. Ratusan peserta ini tetap antusias mengikuti pawai yang digelar untuk memeriahkan HUT RI ke 71. Sesekali, pekik “Merdeka” terdengar dari berbagai rombongan peserta.

Karnaval Kebangsaan dan Perjuangan ini sendiri diikuti 27 peserta yang sebagian besar merupakan pelajar SMP dan SMA dari berbagai sekolah di Nanga Pinoh. Mereka berdandan dan merias dirinya dengan berbagai pernak pernik yang menggambarkan perjuangan para pahlawan.

Ada yang memakai seragam tentara, perawat, hingga pasukan bersenjata bambu runcing. Bahkan dalam karnaval ini ada pula peserta yang menampilkan sosok Jenderal Sudirman, lengkap dengan tandu dan pengawalnya. Tampilkan sosok Jenderal Sudirman dalam Karnaval

Dari kepanitian, koordinator bidang lomba ,Robin menyampaikan,  peserta karnaval sebanyak 27 kelompok.  Mereka berasal dari SMP, SMA, instansi pemerintahan, Bank Kalbar, serta organisasi kemasyarakatan dan perwakilan Desa.

“Peserta karnaval nantinya dinilai oleh panitia. Nantinya setiap juara akan mendapatkan piala dan uang pembinaan,” terangnya. Penampilan drum band Madrasah Aliyah BMP Nanga Pinoh

Sementara itu, Bupati Melawi Panji saat melepas peserta karnaval kebangsaan ini mengapresiasi semangat para peserta, meskipun ditengah cuaca yang hujan. Hal tersebut merupakan contoh kecil dari semangat proklamasi.

“Kita semua dapat ambil bagian dari rasa syukur, memperingati sejarah proklamasi,”ungkapnya.

Dikatakan Panji, dahulu para pahlawan mewujudkan kemerdekaan maka tugas anak bangsa saat ini terutama generasi muda untuk mengisi kemerdekaan.

“Tanggung jawab itu ada pada generasi muda. Dan apa yang kita lakukan saat ini tidak sebanding dengan apa yang dilakukan para pahlawan kita,” pesannya. (MN)