PATBM di Landak Kadernya Baru di Dua Desa

oleh

57bd167bb3bdcLANDAK-bADAempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (BP3AKB) Kabupaten Landak terus komitmen dalam menangani kasus kekerasan terhadap anak.

Apalagi untuk di Landak sudah hadir kader Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM)

Menurut Kepala Bidang (Kabid) Perlindungan Anak BP3AKB Landak, Tarmizi, untuk di Landak sendiri hanya ada dua desa yang memiliki kader PATBM yakni di Desa Raja Kecamatan Ngabang dan Desa Pawis, Kecamatan Jelimpo.

“Sedangkan untuk di Kalbar sendiri hanya dua kabupaten yang memiliki kader PATBM yakni Landak dan Kabupaten Kubu Raya,” ujar Tarmizi, Selasa (23/8).

Dikatakannya, dengan kehadiran kader PATBM tersebut, dharapkan bisa menanggulangi kasus kekerasan terhadap anak di desanya masing-masing.

“Kader PATBM inipun bisa melakukan musyawarah dengan aparat desa setempat dan para tokoh masyarakat untuk menerbitkan Perdes tentang perlindungan anak. Sebab untuk di Landak, hanya Desa Pawis yang sudah ada Perdes perlindungan anak,” jelasnya.

Dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke 71 tahun 2016 dan Hari Anak Nasional (HAN) tahun 2016, PATBM Desa Raja juga mengadakan berbagai macam perlombaan yang diikuti oleh anak-anak usia SMP dan SD di Desa Raja.

“Kegiatannya sudah dilaksanakan pada Sabtu dan Minggu pekan lalu yang bekerjamasama dengan BP3AKB Landak dan PATBM Desa Raja. Pelaksana dari perlombaan rakyat ini yaitu para pemuda Desa Raja yang digerakan oleh kader PATBM Desa Raja, Amrullah,” jelas Tarmizi. (landakpost)