Apa Kata Mbah Maimoen Soal Rokok?

oleh

CqhZIkDUsAAYMFhRencana kenaikan rokok yang saat ini sedang menjadi perhatian publik, ternyata tidak terlepas dari perhatian Sesepuh NU, KH Mbah Maimoen Zubair. Tampaknya beliau ingin agar masyarakat paham bahwa tujuan pemerintah untuk menaikan rokok itu adalah baik. Lantas seperti apa sih dawuh Kyai Karismatik tersebut?

Dikutip dari Facebook Muhammad Nabiel Mustofa, kyai Maimoen”kowe mandek rokok luweh apik timbang sholat sunnah nanging sek rokok an..”

Artinya adalah “kamu berhenti merokok lebih baik daripada istiqomah sholat sunnah tapi masih merokok”.

Dalam tulisan itu disebutkan, juga “seperti maqolah seorang kiyai pekalongan:
“tak ada kebaikan dalam kebaikan yg tidak continue, dan tdak bisa dikatakan buruk dalam keburukan yg tidak continue. keburukan yg tdak continue, lebih baik drpd kebaikan yg tidak continue.

Suatu ketika KH. Abdul Hamid ingin sowan kepada Habib Jakfar bin Syaikhon As seggaf pasuruan yg menjadi guru beliau. tetapi mbah Hamid menunggu lama sekali dan tidak kunjung ditemui. kemudian Habib Jakfar berkata kpd slah satu khodimnya” aku tdak mau menemui karena bau rokok”. akhirnya mbah Hamid seketika menuju masjid dan ber iqrar dihadapan Alloh untuk meninggalkan rokok seketika itu. stlah itu beliau kmbali menuju ndalem sang Habib, tak sampai didepan pintu, mbah Hamid sudah di “papak” didepan pintu rumah Habib Jakfar. sjak itu mbah Hamid brhenti merokok. (sumber fb)