Deputi ESDM Puji Upacara di Pulau Karimata

oleh
Istimewa
Istimewa

“Saya melihat kalau untuk Paskibranya pada pegibaran bendera sangat profesional. Dari gerakannya tidak kalah dengan Paskibraka yang ada di Istana Negera. Artinya mereka melakukan dengan penuh cinta, fasion, penuh dedikasi, kelihatan semua dari gerakan mereka,”

MELAWINEWS.COM,KAYONGUTARA-Untuk mendukung kegiatan akbar, Sail Selat Karimata, Pemkab Kayong Utara melakukan upacara bendera di desa Padang kecamatan Kepulauan Karimata.

Bupati Kayong Utara Hildi Hamid mengungkapkan, pengibaran dan penurunan bendera di Desa Padang, Kecamatan Kepulauan ini menjadi hal yang khusus. Apa lagi dihadiri oleh Kementrian Lembaga Indonesia, Deputi yang setingkat Dirjen.

“Dan juga hal tersebut dihadiri oleh para pelajar dari berbagai daerah. Selain itu ini juga bagian dari rangkaian kegiatan Sail Selat Karimata,”kata Bupati Kayong Utara Hildi Hamid.

Dia mengatakan, kegiatan ini tidak lepas dari dukungan masyarakat Kepulauan Karimata. Yang ikut serta hadir pada upacara bendera di Desa Padang.

“Saya juga mengucapkan terimakasih kepada masyarakat ikut hadir pada upacara bendera di Desa Padang. Selain itu, saya juga berharap kepada para pelajar di Kepulauan ini dapat lebih semangat lagi dalam belajarnya,”katanya.

Bupati menambahkan, untuk masyarakat di Desa Pelapis, Desa Betok, dan Desa Padang kedepanya dalam pengembangan pariwisatanya di Kayong Utara dapat lebih siap. “Saya mengharapkan upacara bendera tetap dilaksaakan. Tujuannya untuk menigkatkan nilai cinta tanah air kita. Selain itu bagi masyarakat untuk dapat bersama-sama mempersiapkan diri guna pengembangan wisata,”pesanya.

Selain itu, kegiatan tersebut turut di hadiri oleh, Deputi, Kemetrian dan lembaga, Pemeritah Kabupaten Kayong Utara, Pemerintah Provinsi Kalbar, TNI, POLRI, Basarnas, Pelajar, masyarakat, serta perwakilan lainya. Yang kurang lebih dihadiri oleh 1000 peserta upacara.

Sementara itu, Deputi Bidang Sumber Daya Manusia, Iptek dan Budaya Maritim Dr Ir Safri Burhanuddin mengatakan, untuk pengibaran bendera merah putih kali ini sungguh luar bisa. Terlebih dengan melihat semangat para pelajar Kepulauan Karimata yang terlibat pada upacara Hut RI 71 di Desa Padang, Kecamatan Kepulauan Karimata, Kabupaten Kayong Utara.
Terkait hal ini, dengan melihat sarana dan prasarana di Kepulauan Karimata dirinya melihat bukan hal yang mudah untuk mencari pasukan paskibraka yang mempunyai kualitas dan seleksi yang ketat. Namun putra putri daerah yang ada tidak jauh berbeda dengan daerah maju lainnya. “Saya melihat kalau untuk Paskibranya pada pegibaran bendera sangat profesional. Dari gerakannya tidak kalah dengan Paskibraka yang ada di Istana Negera. Artinya mereka melakukan dengan penuh cinta, fasion, penuh dedikasi, kelihatan semua dari gerakan mereka,” terang Deputi Bidang Sumber Daya Manusia.

Ia menambahkan, dengan dilaksanakannya upacara pengibaran bendera di Kepulauan ini dapat menujukan kepada masyarakat luas, jika di daerah Kepulauan Karimata tidak kalah dengan daerah lainnya. Selain itu, sambung dia pemerintah pusat selalu ada ditengah-tengah masyarakat.

Selain itu mengenai antusias masyarakat yang hadir pada upacara bendera sangat disambut baik olehnya. Apa lagi dengan melihat penduduknya tidak terlalu banyak, namun masyarakat rela datang guna memeriahkan Hut RI ke 71.

“Upacara di Kepulauan terluar ini menimbulkan antusias masyarakat yang selama ini jarang dikunjungi dari pejabat pusat. Apa lagi dengan penduduk yang relatif terbatas namun memiliki semangat yang tinggi ikut merayakan dirgahayu ke 71 tahun Indonesia,”tuturnya.
Dengan kehadirnya dirinya yang mewakili pemerintah pusat di tengah-tengah masyarakat Kepulauan Safri berharap dapat menyadarkan seluruh masyarakat yang ada di Kepulauan seluruh Indonesia. Terlebih masyarakat Kepulauan Karimata, bahwa masyarakat yang berada di Kepulauan terluar tetap bagian dari NKRI, satu kesatuan dari NKRI, dan tidak dapat terpisahkan.

“Mereka merupakan bagian dari NKRI (Masyarakat Kepulauan.Red). kehadiran mereka sadar bahwa mereka tidak terlepas dari bagian NKRI. Ini yang sangat penting, kehadirian kita semua disini untuk memperkuat kembali eksistensi bagsa ini,”tutupnya