Wisata Sejarah, Masjid Jami’ Melawi

oleh
Masjid Jami Melawi (sumber foto Int)
Masjid Jami Melawi (sumber foto Int)

MELAWINEWS,NANGAPINOH-Jika ada belum singgah di masjid Jami’ Melawi, berarti anda belum datang ke Melawi. Pasalnya masjid ini menjadi sejarah perdaban islam di Kabupaten tersebut.

Letak masjid jami’ berada di tepi desa Tekelak, kecamatan Pinoh Utara. Jika dari ibu kota kabupaten dapat ditempuh menggunakan jasa penyeberangan dengan biaya Rp 2000. Murah sekali bukan.

Masjid Jami’ sendiri sudah mengalami beberapa kali renovasi, namun demikian bentuk asli masjid tersebut masih tetap dipertahankan. Selain itu mimbar yang ada di masjid itupun masih asli.

Selain mimbar, kita juga bisa menyaksikan peninggalan lain berupa bedug. Meskipun saat ini sudah ada pengeras suara, bedug tersebut masih dimanfaatkan sebagai tanda masuknya waktu salat.Bedug tersebut memiliki bentuk yang berbeda dari umumnya, karena memanjang dan lebih kecil.

BACA JUGA KAPOLRES WARNING KADES

Selain masjid Jami’ di desa ini juga terdapat makam Abdul Kadir Gelar Raden Temenggung Setia Pahlawan (lahir: Sintang, Kalimantan Barat, 1771 – wafat: Tanjung Suka Dua, Melawi, 1875) adalah seorang pahlawan nasional Indonesia dari Melawi. Pada tahun 1845, ia diangkat sebagai Kepala Pemerintahan Melawi yang merupakan bagian dari Kerajaan Sintang. Sebagai pejabat kerajaan ai mendapat gelar Raden temenggung. Ia berhasil mengembangkan potensi perekonomian wilayah ini dan mempersatukan suku Dayak dengan Melayu. Selain itu ia juga berjuang menentang Belanda yang ingin menguasai wilayah ini. Tahun 1999 diangkat sebagai Pahlawan Nasional melalui Surat Keputusan Presiden nomer 114 / TK / 1999 tanggal 13 – 10 – 1999.